10 Manfaat Lari Pagi

Lari pagi adalah olahraga ringan untuk memulai hari. Jogging sering disebut sebagai berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil per jam (mph). Jogging adalah salah satu bentuk latihan aerobik tertua dan terpopuler. Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tetapi banyak orang memilih untuk joging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah menjaga ritme gerakan tanpa membebani tubuh. Ada banyak keuntungan jogging di pagi hari.

lari pagi

lari pagi

Berikut Adalah Manfaat Lari Pagi

1. Suasana yang Lebih Nyaman

Keuntungan dari lari pagi pertama adalah Anda dapat merasakan suasana yang lebih menyenangkan selama pelatihan. Jumlah polusi di pagi hari tentu jauh lebih sedikit dari itu dari siang ke malam. Anda juga bisa menghindari risiko teriknya sinar matahari jika ingin berolahraga di pagi hari.

Pilih ruang hijau di lingkungan Anda untuk berlari di pagi hari dan nikmati suasana yang menyenangkan dan santai di pagi hari. Lari pagi hari mungkin menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menyukai olahraga luar ruangan.

2. Tidak Banyak Gangguan

Keuntungan lain dari jogging adalah tidak banyak gangguan. Cobalah berolahraga di pagi hari sebelum memulai kegiatan lain. Jika Anda sudah memulai aktivitas lain, lanjutkan aktivitas itu sampai Anda lupa berolahraga. Pada akhir hari, Anda juga mungkin terlalu lelah untuk berolahraga.

Pagi juga merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga, karena tidak banyak perubahan dalam kegiatan yang bisa dilakukan seseorang di pagi hari, misalnya, seolah-olah saya tidak bisa bekerja di pagi hari, tetapi ini kemungkinan besar terjadi di malam hari. Ketika Anda selesai di pagi hari, lebih mudah berolahraga daripada rutin.

3. Meningkatkan Energi dan Stamina

Manfaat berikutnya dari berlari di pagi hari adalah Anda memiliki lebih banyak energi di siang hari. Olahraga teratur dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, karena oksigen dan nutrisi mengalir ke paru-paru dan jantung selama berolahraga. Ini dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan daya tahan keseluruhan.

Olahraga dapat meningkatkan energi dan daya tahan Anda. Jadi jika Anda berolahraga di pagi hari, Anda mungkin lebih energik di siang hari. Berlari di pagi hari bisa menjadi pilihan tepat sebagai olahraga yang bisa menghasilkan energi tanpa membuat Anda merasa terlalu lelah.

4. Meningkatkan Mood

Selain hari yang lebih berenergi, Anda dapat menghabiskan hari yang lebih bersemangat karena suasana hati yang membaik. Ada banyak alasan mengapa bangun di pagi hari menjadi kurang menyenangkan. Salah satunya adalah ketika Anda harus membayangkan rutinitas yang dilakukan sepanjang hari.

Jalan pagi memiliki keuntungan meningkatkan serotonin, dopamin, dan bahkan kadar endorphin di otak. Ketiganya adalah koneksi di otak yang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati yang baik.

Perasaan bahagia setelah berlatih di pagi hari tidak hanya meningkatkan suasana hati Anda sehingga Anda bisa menjadi lebih bersemangat di siang hari, tetapi juga memotivasi Anda untuk berlatih lagi di hari berikutnya di pagi hari. Kebiasaan ini tentunya akan sangat baik untuk kesehatan Anda.

5. Meningkatkan Fokus

Apakah Anda kesulitan berkonsentrasi di pagi hari? Lari pagi dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda. Secara umum, semua jenis aktivitas fisik dapat membantu Anda menjadi lebih fokus dan fokus.

Sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan kesadaran, pembelajaran visual, dan bahkan pengambilan keputusan.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan olahraga di siang hari, terutama jika disertai dengan istirahat teratur.

6. Meningkatkan Nafsu Sarapan

Keuntungan dari menjalankan esok paginya adalah dapat meningkatkan selera makan pagi. Mengapa ini sangat penting? Seperti kita ketahui, sarapan pagi adalah kegiatan yang sangat penting bagi tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat menginspirasi seseorang untuk membuat keputusan yang lebih baik di siang hari.

Bahkan sarapan pasti akan membuat Anda lebih fokus dan energik dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan sarapan tentu tidak bisa sembarangan, sarapan sehat dengan diet seimbang bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai hari.

7. Mengontrol Nafsu Makan

Lapar setelah berolahraga adalah normal, tetapi olahraga umum sebenarnya dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

Olahraga membantu mengendalikan nafsu makan dengan mengurangi hormon ghrelin, yang merupakan hormon rasa lapar. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga membantu meningkatkan hormon kenyang seperti peptida YY dan GLP-1.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa gerakan 45 menit di pagi hari dapat menurunkan respons subjek terhadap gambar makanan. Kelompok yang berolahraga di pagi hari juga cenderung melakukan lebih banyak aktivitas fisik dalam 24 jam ke depan daripada orang yang tidak berolahraga.

8. Membantu Menurunkan Berat Tubuh

Latihan pagi sebagai lari pagi telah sukses besar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa pembakaran lemak 24 jam paling efektif ketika seseorang berlatih di pagi hari sebelum sarapan.

Jumlah lemak yang terbakar bervariasi tergantung pada intensitas stroke. Jika Anda ingin mengoptimalkan pembakaran lemak, Anda dapat meningkatkan kecepatan lari Anda. Lakukan ini perlahan sampai tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas lari pagi.

9. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Berlari dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan kaki dan mencapai bentuk tubuh yang lebih baik. Berlari dapat memperkuat dan membentuk betis, paha belakang, paha depan, otot paha bagian dalam, dan bokong. Lari pagi juga dapat membantu memperkuat tubuh inti atau pusat.

Saat berlari, otot-otot pusat tubuh terlibat, sehingga gerakan ini juga dapat membantu menstabilkan pinggul. Ketika inti tubuh kuat, itu mempengaruhi keseimbangan, stabilitas, dan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit paling umum di dunia. Kondisi ini dapat diatasi secara signifikan dan dicegah melalui gaya hidup sehat, yang meliputi olahraga teratur.

Olahraga secara umum dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi menunjukkan penurunan tekanan darah yang lebih signifikan.

Sebuah studi terhadap 20 orang dewasa pra-hipertensi yang berlatih treadmill pada pukul 7:00 pagi, 1:00 malam, dan 7:00 malam. Para peneliti menemukan bahwa perubahan paling menguntungkan dalam tekanan darah terjadi ketika para peserta melakukan latihan pada pukul 7 pagi.

Sekian artikel tentang 10 Manfaat Lari Pagi ini semoga bermanfaat.

Baca Juga: