Kiat menjaga konsentrasi dan tetap fokus saat puasa

Tidak dapat dipungkiri bahwa puasa dapat membuat konsentrasi mudah tersebar karena otak kekurangan nutrisi. Penurunan konsentrasi karenanya secara drastis mengurangi produktivitas pekerjaan Anda. Tetapi jangan membuat ini alasan bagi Anda untuk menyerah dan meninggalkan pekerjaan Anda diabaikan. Puasa Ramadhan dan rutinitas kerja harus memiliki kualitas yang sama. Sekarang, bagaimana Anda tetap fokus ketika Anda berpuasa?

Kiat menjaga konsentrasi dan tetap fokus saat puasa

Menurunnya produktivitas di tempat kerja dapat membuat Anda lebih lama menyelesaikan pekerjaan. Pada akhirnya, Anda harus bekerja lembur.

Sebelum itu terjadi, ada beberapa cara sederhana untuk mencoba tetap fokus saat puasa.
1. Pastikan jam tidur Anda cukup

Jangan meremehkan konsekuensi dari kurang tidur, terutama dalam kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Kurang tidur mengganggu proses penyimpanan informasi untuk membuat Anda lebih sulit untuk mengingat dan mempelajari hal-hal baru. Kurang tidur juga menyebabkan pikiran kabut, yang membuatnya sulit untuk berpikir logis.

Pastikan Anda tidur nyenyak, sekitar 7-8 jam. Tetapi juga pertimbangkan bahwa Anda harus bangun di tengah malam untuk makan sahur, jadi jangan terbiasa tidur larut malam. Anda harus tidur lebih awal dari biasanya.

Biasakan pergi dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Anda dapat membuat program tidur dan mengatur program untuk bulan Ramadhan. Jika perlu, gunakan alarm untuk mengingatkan Anda tidur dan bangun.
2. Konsumsi sayuran dan buah yang tinggi vitamin B, C, E dan magnesium

Perhatikan apa yang dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Untuk konsentrasi optimal dan tetap fokus selama puasa, pastikan Anda memiliki asupan gizi bergizi seimbang ketika mereka berbuka puasa dan subuh.

Saat fajar, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B, C, E dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Buah-buahan dan sayuran ini adalah pendukung konsentrasi yang baik, selama Anda bergerak sepanjang hari.
3. Rutin pelatihan ringan

Meningkatkan produktivitas tenaga kerja tidak cukup untuk menciptakan suasana kerja yang baik, tetapi juga untuk menjaga tubuh yang sehat.

Selain menerapkan pola makan sehat dan tidur teratur, seimbang dengan olahraga teratur untuk menjaga tubuh tetap bugar. Menurut penelitian oleh University of Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak terkait dengan konsentrasi atau perhatian.

Berolahraga saat berpuasa bukan hal yang mustahil. Anda dapat melakukan latihan ringan 1-2 jam setelah matahari terbit, sebelum berbuka puasa atau 1-2 jam setelah berbuka puasa.
4. Beristirahat

Meningkatkan produktivitas kerja tidak berarti Anda terus fokus pada pekerjaan Anda tanpa istirahat sebentar. Beristirahatlah setidaknya selama 15 menit untuk memulihkan energi dan antusiasme. Lakukan beberapa hal seperti meninggalkan ruangan, membaca novel, melakukan peregangan ringan atau mendengarkan lagu.
5. Hindari hal-hal yang mengganggu perhatian Anda

Konsentrasi adalah kunci produktivitas kerja yang optimal. Jadi pastikan Anda tetap fokus dengan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Misalnya, mematikan nada dering ponsel atau bahkan mematikan ponsel saat bekerja. Jika pekerjaan Anda memungkinkan Anda mendengarkan musik, dengarkan musik yang dapat membantu Anda tetap fokus selama puasa, seperti musik instrumental.

Baca juga :