Manfaat Kuning Telur

Manfaat Kuning Telur

Apakah masih ada manfaat kuning telur, yang sering disebut sebagai sumber kolesterol? Cari tahu tentang manfaat kuning telur dan risiko yang dapat terjadi jika Anda makan berlebihan.

Telur bernutrisi, tidak mahal, dan mudah dikerjakan. Mereka termasuk makanan yang disukai banyak orang. Telur mengandung rata-rata 72 kalori. 17 kalori dalam protein dan sisanya (55 kalori) disimpan dalam kuning telur. Selain itu, kuning telur biasanya mengandung sekitar 180-200 mg kolesterol dan 6 mg lemak. Inilah alasan mengapa kuning telur ditakuti dan dihindari oleh banyak orang.

Manfaat Kuning Telur

Manfaat kuning telur dan risiko terkait
Manfaat kuning telur

Meskipun mengandung banyak kolesterol dan kalori, kuning telur memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Kuning Telur

Kuning Telur  adalah salah satu sumber alami vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot serta mendukung penyerapan kalsium.
Kuning telur juga mengandung lutein, yang, menurut sebuah penelitian, diyakini dapat mencegah perkembangan penyakit jantung. Juga, jangan lupa kandungan proteinnya. Putih telur dalam kuning telur membentuk hampir setengah jumlah protein dalam telur.

Yang lebih baik lagi, kuning telur mengandung kolin, yang diyakini dapat mengurangi risiko cacat saraf pada janin, seperti spina bifida.
Meskipun sebagian besar lemak telur disimpan di bagian kuning, sebagian lemaknya adalah lemak omega-3 yang sehat. Pilih telur berlabel omega-3 untuk meningkatkan kinerja otak dan memori, mengurangi peradangan pada tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Meskipun kuning telur mengandung banyak kolesterol, kolesterol tidak selalu buruk. Kolesterol sebenarnya juga berguna untuk beberapa fungsi penting dalam tubuh.
Selain nutrisi ini, telur juga mengandung cukup vitamin A, vitamin E, asam folat, biotin dan kolin. Sebagian besar vitamin ini disimpan dalam kuning telur.

Tapi …

Meskipun ada banyak manfaat kuning telur yang bisa kita dapatkan, banyak ahli merekomendasikan untuk tidak makan terlalu banyak kuning telur. Jika tubuh kita sehat dan menginginkan jantung yang kuat, disarankan untuk mengambil 6 telur seminggu.

Namun, untuk penyakit jantung dan kolesterol tinggi, Anda tidak boleh makan lebih dari 4 telur per minggu. Faktanya, para ahli Harvard menyarankan bahwa orang dengan penyakit jantung dan diabetes tidak mengkonsumsi lebih dari tiga telur seminggu.

Mengapa? Seperti disebutkan di atas, jumlah kolesterol dalam kuning telur tidak sedikit. Orang yang makan tiga atau lebih kuning telur per minggu berisiko mengalami pembentukan plak atau penyumbatan pembuluh darah, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi 0 hingga 2 butir per minggu. Ketika arteri tersumbat, aliran darah berkurang dan ada risiko serangan jantung atau stroke.

Makan telur tidak dilarang, tetapi jangan berlebihan. Juga, ingatlah untuk merekomendasikan makan telur secara menyeluruh. Karena konsumsi telur kuning mentah atau masih cair dapat menyebabkan keracunan makanan. Cara yang disarankan untuk memasak telur adalah memasaknya tanpa garam. Menggoreng telur dapat meningkatkan kadar lemak hingga 50%.

Mengingat berbagai manfaat kuning telur di atas, tidak ada salahnya menambahkan menu telur ke menu harian Anda. Tetapi bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, Anda masih membatasi konsumsi telur.

Baca Juga :