Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

petai

petai

Pete atau Petai ini adalah salah satu makanan di Indonesia. Namun, petai tidak hanya tersedia di Indonesia, tetapi juga di banyak negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Tetapi ada beberapa orang yang tidak suka karena baunya. Tetapi kenyataannya adalah, meski petai ini berbau, petai dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh karena mengandung nutrisi yang tinggi.

Kandungan Nutrisi dalam Petai

Meskipun memiliki aroma yang khas dan menyengat, Petai mengandung 90-150 kalori dan dikenal mengandung banyak nutrisi seperti berikut :

  • Protein.
  • karbohidrat.
  • Serat.
  • lemak.
  • Mineral contoh : kalsium, mangan, kalium, besi, fosfor, seng, magnesium, dan tembaga.
  • Vitamin contoh : vitamin C, vitamin B1 dan vitamin E.
  • antioksidan seperti:  polifenol, flavonoid, tanin, dan superoxside dismutase.

 

Manfaat dan kelebihan buah Pete atau Petai untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :

1. Mengontrol Gula Darah

Kadar gula darah tinggi adalah tanda diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius. Karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes dan mengurangi risiko komplikasi dari diabetes. Gula darah dapat dikontrol dengan olahraga teratur, makan makanan sehat, dan mengurangi asupan gula.

Salah satu makanan yang dianggap baik untuk mengendalikan gula darah adalah petai. Ini berkat kandungan antioksidan dan zat kimia beta sitosterol dan stigmasterol, yang dapat mencegah gula darah tinggi.

2. Melawan Radikal Bebas

Pete atau petai adalah makanan yang mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat menangkal efek radikal bebas pada sel-sel tubuh. Ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini dan diabetes.

3. Sistem Pencernaan yang sehat

Pete atau Petai adalah sumber serat yang baik. Dengan mencukupi asupan serat pada tubuh, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Ini juga akan membuat Anda merasakan kenyang lebih lama sehingga keinginan Anda untuk camilan-camilan dapat dikurangi. Ini menjadikan petai salah satu pilihan nutrisi terbaik untuk menjaga berat badan ideal.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk mendukung kelangsungan hidup. Kesehatan jantung harus selalu dijaga, karena perannya sangat penting. Makanan petai yang baik untuk jantung.

Berkat kandungan serat, antioksidan, dan kalium petai ini. Kalium adalah elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah konstan. Serat dan antioksidan petai dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah jantung.

5. Mengatasi Infeksi

Banyak penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai menghilangkan bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi. Penemuan ini menunjukkan bahwa petai mungkin memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Namun, data ini belum terbukti efektif dan aman sebagai obat untuk mengobati infeksi.

Ada banyak manfaat kesehatan yang tidak disadari oleh kita. Sayangnya, beberapa manfaat petai telah ditemukan hanya dengan beberapa penelitian kecil. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat beta sebagai pengobatan.

6.  Mencegah penyakit Anemia

Kandungan vitamin B yang tinggi dari petai dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mengobati anemia. Efek dari anemia itu sendiri termasuk:

  • 5L (lemah, lesu, lelah, lemah, lemah)
  • Pusing dan mual
  • Tubuh tidak stabil
  • Rentan terhadap penyakit ringan
  • Produktivitas tidak dioptimalkan setiap hari

 

Petai memiliki potensi untuk memberikan banyak manfaat kesehatan yang baik, tetapi itu tidak berarti Anda bisa makan terlalu banyak. Untuk tubuh yang sehat, Anda juga harus makan makanan sehat, bergizi, seimbang yang terdiri dari berbagai jenis makanan.

Baca juga :